Asisten III Buka Bimtek dan Pengecekan Kelengkapan Data LPPD Kota Prabumulih

104

METROPOLISINDONESIA.COM,PRABUMULIH – Bertempat di ruang rapat lantai 1 Pemerintah Kota Prabumulih, Berlangsung Pembukaan Bimbingan Teknis dan Pengecekan Kelengkapan Data LPPD Kota Prabumulih. Senin 24 Februari 2020 Walikota Prabumulih diwakili oleh Asisten III Setda Bapak H.M.Rasyid,S.Ag,MM membuka kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Asisten III membacakan sambutan Walikota Prabumulih, Berbeda dari tahun sebelumnya yang berpedoman pada PP Nomor 3 Tahun 2007 tentang penyusunan LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah), Tahun ini mulai berlaku PP Nomor 13 Tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi, dimana terdapat penambahan dan perubahan substansi dalam LPPD, diantaranya Pencapaian kinerja Penyelenggaraan urusan Pemerintah yang menjadi kewenangan daerah dalam bentuk IKK, Pencapaian kinerja pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM), Pencapaian kinerja pelaksanaan tugas dan bantuan, Pencapaian Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah atau lebih dikenal LKJIP, Serta Pencapaian Kinerja Makro IPM, angka kemiskinan, angka kemakmuran, pertumbuhan ekonomi, pendapatan per kapita, dan Ketimpangan Pendapatan dari rasio. LPPD merupakan bahan dalam evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah yang dilakukan setiap tahunnya untuk mengetahui kinerja pemerintah, dan nantinya akan diperingkat, seperti diketahui bahwa Kota Prabumulih menjadi peringkat ke-3 diantara 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan, Semoga bisa lebih baik kedepannya, harapnya.

Lanjut kata beliau, hasil dari pelaksanaan EPPD berguna untuk mengetahui gambaran pelaksanaan urusan pemerintah yang diselenggarakan daerah sesuai dengan kewenangannya, dan melihat pencapaian tujuan desentralisasi dari aspek pelaksana kebijakan dan aspek akuntabilitasnya, dengan demikian pelaksanaan pembangunan daerah dapat terlaksana secara optimal sesuai dengan potensi dan kapasitas masing-masing daerah. Tak lupa beliau berpesan kepada para peserta bimtek gunakan kesempatan ini agar dapat bermanfaat dan menunjang kinerja kita pada tahun 2020, Tutupnya.

Turut hadir Selaku Leading sektor Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah Yasdin Irianto, Inspektur Kota Prabumulih Toni Syalfriansah, Narasumber dari Inspektorat Provinsi Sumsel Bapak M.Yamin,ST.M.Si, Kepala OPD, dan seluruh Peserta Bimtek LPPD Tahun 2020.(IKA)

SUMBER : DISKOMINFO PRABUMULIH EDITOR/POSTING : MALVIN MA 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here