Bupati Garut H Rudi Gunawan Pimpin Upacara Hari Otda Ke-XXIII

258

MetropolisIndonesia.Com, Garut – Pemerintah Daerah Kabupaten Garut menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) Ke-XXIII, bertempat di lapang apel Setda Garut, Kamis (25/04/2019).

Tema pada peringatan tersebut yakni “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Garut H. Rudy Gunawan, Wakil Bupati Garut H. Helmi Budiman, Sekda Garut Deni Suherlan, Para Asissten, para Kepala Dinas dan para peserta apel yang terdiri dari ASN dan TKK dilingkungan Kabupaten Garut.

Dalam sambutanya Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, yang dibacakan Bupati Garut mengatakan pada tema Hari otda tersebut memiliki beberapa makna pokok, dimana penyelenggaraan otonomi daerah harus mampu mendukung pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang siap dalam menyongsong Revolusi Industri Indonesia 4.0 dan merupakan salah satu strategi transformasi menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan,” ungkapnya.

Peringatan Hari Otonomi Daerah menjadi sebuah momentum untuk mengingat komitmen bersama membangun daerah.

“Peringatan Hari Otonomi Daerah merupakan komitmen bersama untuk membangun Pemerintahan Daerah yang bersih, transparan dan akuntabel dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelasnya.

Ada tiga hal prinsip yang berubah secara drastis setelah melakukan kebijakan desentalisasi dan otonmi daerah. Pertama, Otonomi daerah secara nyata mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Yang Kedua, Otonomi Daerah telah menumbuhkembangkan iklim kebebasan berkumpul, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat. Sedangkan yang Ketiga, dengan desentalisasi yang telah telah berjalan, maka kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak melalui proses yang panjang dan berbelit-belit tetapi menjadi menjadi sangat efesien dan responsif.

Mengakhiri sambutannya, Mendagri mengajak untuk mengawal otonomi daerah guna mewujudkan kesejakteraan rakyat dan peningkatan sumber daya manusia melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif serta mendorong kreatifitas dan inovasi daerah dalam mengoptimalkan sumberdaya yang ada dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah melalui kreasi hubungan antara pemerintah pusan dan daerah juga antara daerah dengan DPRD dan masyarakat.

Sumber: Humas Diskominfo Jabar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here