DANREM 044/GAPO MENGIKUTI RAPAT KOORDINASI PENANGANAN COVID-19 DI WILAYAH PROV SUMSEL 

40

METROPOLISINDONESIA.COM,PALEMBANG – Komandan Korem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji S.I.P., S.Sos mengikuti rapat koordinasi penanganan covid-19 di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, rabu (5/5/2021).

Kegiatan rakor ini bertempat di Auditorium Bina Praja palembang Kantor Gubernur Prov. Sumsel Jl. Kapten A. Rivai No. 3, Sungai Pangeran, Kota Palembang. Yaitu Rapat Koordinasi penanganan Covid-19 di wilayah Prov. Sumsel, yang di pimpin langsung oleh Letjen TNI Dr.(H.C) Doni Monardo Selaku Ketua Satgas Covid-19 Pusat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Prov. Sumsel diwakili Oleh Wakil Gub Prov. Sumsel H. Mawardi Yahya, Mayjen TNI Agus Suhardi Pangdam II/Swj, Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S, MM Kapolda Sumsel, Ketua DPRD Prov Sumsel Ibu Hj Anita Noeringhati, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji S.I.P., S.Sos Danrem 044/Gapo, Dra. Lesty Nurainy Apt.,M.Kes Ka Dinas Kesehatan Prov. Sumsel, H. Iriansyah Ka Pelaksana BPBD Prov. Sumsel, H. Achmad Rizwan ,SSTP., M.M Ka Dinas Informasi dan Informatika Prov. Sumsel, Para Kepala Dinas Prov. Sumsel, Tety Saragih (Irtama BNPB), Dody Ruswandi (Plt. Deputi III BNPB), Kombes Pol Laksana (Perwakilan Mabes Polri), Ka Kesdam II/Swj Kolonel Ckm Dr Asep Usmanto Sukarsa, Danlanud SMH Kolonel Pnb. Hermawan Widhianto,S.E,M.M, Dandim 0418-Plg Kolonel Inf Heny Setyono S.Psi, M.si., Kasiops Korem 044/Gapo Kolonel Inf Ari Sudarsono, Waasops Kodam II/Sriwijaya Letkol Inf Aan Setiawan, Karo ops Polda Sumsel Kombes Pol Drs Kamaruddin, Dir Samapta Polda Kombes Pol Djuwito Purnomo, Dir Binmas Polda Sumsel Kombes Heru Trisasono, Kasat Brimob Kombes Pol Yudho, Kabid Dokkes Polda Sumsel kombes Dr Samsul Bahar, Kasat Pol PP Prov. Sumsel H Aris Saputra, Kepala Kejaksaan Negri Palembang yang mewakili, Ka BPBD Banyuasian Gatot Setiono.

Gubernur Sumsel yang diwakili Oleh Wagub H. Mawardi Yahya dalam sambutannya menyampaikan, Bahwa Prov Sumsel siap menerima masukan dan arahan dengan adanya Rakor penanganan Covid-19 di wilayah Prov. Sumsel,”tuturnya.

Sementara itu Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji S.I.P., S.Sos secara singkat memaparkan kondisi dan situasi serta upaya penanganan covid-19 saat ini di Prov Sumsel, situasi di wilayah Sumsel dalam pencegahan dan meminalisir Covid-19. Sesuai dengan dasar surat edaran dalam negeri No/800/2874/SJ tanggal 4 Mei 2021tentang pelarangan kegiatan buka bersama pada bulan ramadhan dan kegiatan open house/halal bilhalal pada saat idul fitri 1442 H,”imbuhnya.

Lebih lanjut Danrem mengatakan, Sasaran Optimalisasi Tahap IV antara lain Pembatasan Konsentrasi dan Mobilisasi masa pada suatu lokasi jalur Lalin dengan tingkat kepadatan diatas 50 persen. Kualitas Disiplin masyarakat mematuhi Protkes di bawah 85 persen target yang harus dicapai s.d 95 persen antara lain disiplin 5M, Kesiapan Protkes dan petugas Protkes yang selalu di utamakan. Menggelar 11 posko terpadu penyekatan (membantu Ops Ketupat musi 2021) pada batas Provinsi dan mengelar 36 posko antar kota dalam Provinsi dengan menggelar 912 orang Babinsa di 17 Kota/Kabupaten,”paparnya.

Ketua Satgas Covid-19 Pusat, Letjen TNI Dr.(H.C) Doni Monardo dalam arahannya menyampaikan, Dalam upaya mengendalikan Pandemi Covid-19, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, rapat ini juga sebagai respon cepat dalam menangani Pandemi Covid-19 bersama Jajaran Pemkot dan TNI-Polri. Tidak hanya itu, keterlibatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga dinilai penting untuk optimalisasi perannya dalam menangani Pandemi Covid-19. Perlunya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro mampu meminimalisir penularan Covid-19,”ujarnya.

Ia juga mengatakan, PPKM berbasis Mikro tersebut juga diperkuat dengan pendirian Posko dimasing-masing Kelurahan, dengan tujuan mampu membantu Pemerintah Daerah untuk melakukan pengendalian Covid-19 serta pelaksanaan Testing, Tracing maupun Treatment (3T),”tandasnya.(Rill/NIA) EDITOR/POSTING : MALVIN MA 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here