Dengan Adanya Desa Sadar Wisata Dapat Membuat Kabupaten Pali Menjadi Kabupaten Wisata

444
Metropolisindonesia.com,PALI Untuk membuat nama kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (pali), menjadi kabupaten yang di kenal tentang seni dan budayanya di indonesia bahkan ke mancanegara. ‘Maka itu pihak pemerintah kabupaten pali melalui dinas KEBUDAYAAN dan PARAWISATA gencar memperkenalkan sala satu objek wisata CANDI BUMIAYU yang terletak di kecamatan tanah abang dan satu – satunya yang ada di sumatera selatan.
Bahkan candi bumiayu sendiri merupakan objek wisata prasejarah dan merupakan objek wisata unggulan di bumi serepat serasan, julukan kabupaten penukal abab lematang ilir (pali) yang di pimpin oleh Ir. H. Heri Amalindo MM selaku bupati kabupaten PALI.
Supriyatno selaku kepala dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten pali juga mengatakan kepada media METROPOLIS INDONESIA,   memang benar candi bumiayu adalah objek wisata unggulan di bumi serepat serasan maka itu di bangun museum di sana, agar kelak para pelancong yang datang ke candi selain bisa melihat keindahan kawasan cagar budaya bisa juga mengenal prasejarah dari candi bumiayu dengan adanya museum tersebut.
Dia jga mengatakan,  akan mengajak desa dan kelurahan untuk membentuk desa Sadar Wisata dengan demikian bumi serepat serasan ini kelak akan menjadi kabupaten Wisata.’harapnya.
Telah kita dengar dan lihat bahwa Kota Batu jawa timur bisa menjadi kota wisata, mengapa kabupaten kita tidak bisa, maka itu supriyatno selaku kadin kebudayaan dan pariwisata akan berusaha menjadikan pali Kabupaten Wisata.
“menurutnya banyak sekali potensi wisata hampir setiap desa ada seperti potensi wisata air, nah itu bisa kita kembangkan nanti disamping destinasi unggulan kabupaten Pali yaitu kawasan cagar budaya percandian Bumiayu.
Saat ditanya oleh media METROPOLIS INDONESIA adakah rumah adat ciri khas Kabupaten Pali ? dia menjawab dengan nada yang halus, kami sudah melihat-lihat disetiap desa, kelurahan, kelurahan dan kecamatan rumah ciri khas Pali namun rumah yang kami lihat hampir sama dengan rumah adat Sumatera selatan. Insya allah secepatnya kami akan membangun rumah adat yang berbentuk limas ciri khas Kabupaten Pali walaupun tidak sama persis dengan rumah adat sumatera selatan, pria yang murah senyum ini sangat berharap agar masyarakat di bumi serepat serasan turut serta membantu pemerintah dalam mewujudkan kabupaten pali cemerlang dan kabupaten wisata seperti kota batu jatim,”pungkasnya.(Noralita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here