Disdik Sumsel Dorong Lulusan SMK Agar Cepat Masuk Dunia Industri

290

Palembang, metropolisindonesia.com – Memasuki masa akhir kelulusan SMK di Sumatera Selatan tahun ajaran 2017/2018, Dinas Pendidikan Sumatera Selatan mendorong agar lulusan SMK siap diserap ke Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Demikian disampaikan Kasi Kurikullum Dinas Pendidikan Sumsel Yose Aprizal usai menghadiri pelepasan siswa kelas XII SMKN 1 Palembang di Gedung Sri Melayu Palembang, Rabu (25/4/2018).

“Untuk di Sumsel data secara pasti jumlah siswa yang diserap DUDI ataupun melanjutkan ke PTN baik dalam maupun luar negeri belum terdata secara lengkap. Sebab, pihak sekolah belum melaporkan datanya ke pihak Disdik karena mereka belum dinyatakan lulus,” ujar Yose.

Akan tetapi lanjut dia, wacana SMKN belajar empat tahun menjadi salah satu upaya yang dilakukan Disdik Sumsel agar lulusan SMKN semakin banyak diserap DUDI pada tahun mendatang. Hal ini berkaca dari larisnya kompetensi keahlian belajar empat tahun di daerah Jawa.

“Di Sumsel sendiri jumlah kompetensinya hanya 41 macam. Namun, untuk penerapan SMKN berjalan empat tahun hanya pada jurusan tertentu saja,” tegasnya.

Apapun itu dikatakan Yose, bahwa lulusan SMK memang diproyeksikan bisa langsung masuk ke dunia kerja agar kemudian bagi mereka yang nggak bekerja bisa memilih membuka usaha dari bekal pembelajaran selama ini di sekolah. (Nia/MI02)

Editor : Malvin Mamora Baraf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here