DPRKPKP Tebang Pohon Musim Angin Kencang Rawan Tumbang

180

METROPOLISINDONESIA.COM,KEPRI –Petugas Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Kebersihan dan Pertamanan (DPRKPKP) Kota Tanjungpinang melakukan pemangkasan pohon di sejumlah titik jalan protokol. Hal ini guna mengantisipasi terjadi kecelakaan mengingat musim angin kencang akhir-akhir ini. Petugas DPRKPKP juga menebang pohon yang terindikasi rawan tumbang atau pohon tua.

Salah satu petugas pemangkasan pohon, Syamsul mengatakan pemangkasan dan pemotongan pohon dilakukan jajarannya karena tanaman tua rawan tumbang. Apalagi, usia tanaman yang sekitar 20-30 tahun itu berada di pinggir jalan raya.
Kami pangkas pohon kuatir tumbang dan mengenai pengendara, katanya.
Dijelaskan Syamsul, untuk memangkas pohon rawan tumbang itu pihaknya mengerahkan sejumlah petugas yang terbagi dalam beberapa regu. Dengan tugas pemangkasan di beberapa titik jalan protokol yang banyak pepohonan.

Cara pemangkasan pohon tersebut, naik ke atas pohon menggunakan mobil yang dilengkapi mesin hidrolik lalu menebang pohon yang kondisinya dianggap membahayakan. Pakai mobil untuk menaikkan tim. Caranya bukan manual. Material pohon yang ditebang langsung diangkut truk, kata Syamsul.

Ia mengestimasi pemangkasan pohon akan berjalan selama dua minggu ke depan. Koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan kepolisian setempat untuk mengatur lalulintas kendaraan dititik pemangkasan pohon pun sudah dilakukan.
Sementara itu, Wawan Setiawan salah satu pengendara motor mengaku kerap was-was jika melintasi Jalan Ahmad Yani menuju Batu 5 Bawah saat angin kencang apalagi hujan. Karena di kawasan ini banyak sekali pohon besar berusia tua dan rawan tumbang. Di tambah lagi, tanaman besar itu berada di dekat trotoar jalan yang menghadap jalan raya.

Ia berterima kasih kepada DPRKPKP yang sigap melakukan pemangkasan dan menebang pohon tua ini. Kami apresiasi. Demi kenyamanan dan keamanan masyarakat, utamanya pengendara, kata Wawan.(Edi) Editor/Posting : Malvin MA 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here