METROPOLISINDONESIA.COM,BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi melantik Bupati dan Wakil Bupati Bogor terpilih Ade Yasin-Iwan Setiawan. Keduanya diminta menjaga integritas.

Pelantikan berlangsung di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu (30/12/2018). Sejumlah tamu undangan hadir menyaksikan pelantikan tersebut.

Usai mengambil sumpah jabatan, Emil sapaan Ridwan Kamil memberi pesan kepada Ade-Iwan. Ada tiga pesan yang salah satu diantaranya meminta kepala daerah di Kabupaten Bogor itu menjaga integritas.

“Pemerintah Kabupaten Bogor harus memiliki nilai kepribadian, sikap dan pola pikir yang penuh integritas,” ucap Emil.

Dia mengatakan pesan ini sangat penting. Sebab, kata dia, selama beberapa bulan terakhir sejumlah kepala daerah di Jabar ditangkap KPK akibat korupsi.

Ketiganya yang dimaksud di antaranya Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin yang ditangkap KPK atas kasus proyek Meikarta, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi dan terakhir Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar.

“Ini penting karena seperti diamati tiga bulan terakhir, ada tiga kepala daerah kena masalah, kami mendoakan enggak ada lagi yang terjadi di Jawa Barat, maka dari itu, saya titip punya benteng integritas. Di mana ada peluang, ada niat, pasti ada siasat, makanya bentengi. Selalu dekat ulama kalau dekat, dunia selamat, akherat juga,” tuturnya.

Emil juga berpesan untuk memperbaiki pelayanan terhadap masyarakat. Dia meminta Ade-Iwan turun langsung ke lapangan bukan bekerja di balik meja.

Emil mengatakan Kabupaten Bogor merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak potensi untuk berkembang. Selain memiliki penduduk yang kurang lebih mencapai 5,7 juta jiwa, kondisi geografis Bogor juga dianggap menjadi salah satu faktor.

Namun berbagai potensi itu juga masih perlu dibarengi kerja keras. Sebab masih asa pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan.

“Bogor ini segala ada, dari peluang pariwisata, dari mulai juga kedekatan terhadap Jakarta yang jadi pertumbuhan perekonomian. Tapi masalah kemiskinan, sosial tetap ada,” katanya.

Selain itu, Emil memberikan pesan khusus kepada Ade-Iwan. Salah satunya soal penyelesaian jalur Parung Panjang.

“Saya titip fokus masalah yang sudah terlalu lama untuk diselesaikan. Kalau boleh, berjenjang, oleh Camat dulu, kalau enggak bisa, ibu dan tim, kalau enggak bisa juga, kami akan siap membantu,” ujarnya.

“Salah satu yang jadi sorotan Parung Panjang. Saya berharap ada penyelesaian dengan baik dan taktis,” pungkas Emil menambahkan.(Arman/Budi)

Editor/Posting : Malvin Mamora Baraf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here