Jalani Sidang Disiplin 2 Oknum Polisi Divonis 14 Hari Penjara

217

Metropolisindonesia.com,Palembang Akhirnya Bripka TA dan Bripka PT, dua oknum anggota Satuan Lalu Lintas Polresta Palembang yang videonya viral di media sosial (medsos) menjalani sidang disiplin di Aulan lantai II, Mapolresta, Jumat 6 April 2018. Hasil persidangan menetapkan, keduanya terbukti melakukan pungutan liar terhadap seorang pengendara yang melanggar lalu lintas. Putusan sidang displin, keduanya dijatuhi hukuman 14 hari penjara.

Sidang disiplin itu dipimpin langsung oleh Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota (Wakapolresta) Palembang, AKBP Prasetyo Rahmad Purboyo. Dalam persidangan, kedua oknum anggota satlantas yang diduga melakukan pungli tersebut dicecar beberapa pertanyaan seputar kebenaran video yang beredar di medsos.
Hasilnya, keduanya terbukti bersalah melakukan pungutan liar terhadap pengemudi sepeda motor saat melakukan razia di pos polisi, di kawasan Jalan Sudirman, Kecamatan Kemuning, Kota Palembang.

Atas pelanggaran aturan yang mengikat aparat kepolisian. Keduanya dijatuhi hukuman 14 hari penjara oleh pimpinan sidang, karena diduga bersalah.

“Jadi hal ini jadi proses pembelajaran, baik bagi anggota kami secara internal. Apabila ada anggota yang melakukan pelanggaran tidak sesuai prosedur atau melanggar SOP, maka dapat dikenakan sanksi,” kata AKBP Prasetyo.

Dia melanjutkan, hal ini berlaku juga bagi masyarakat agar menjadi pembelajaran untuk lebih membudayakan tertib dalam berlalu lintas. “Bila masyarakat melakukan pelanggaran, lebih baik secara prosedural dengan meminta surat tilang, sehingga tidak memberi peluang untuk tindakan pungli di lapangan,” ujarnya.

Di samping itu, pihak kepolisian meminta masyarakat untuk aktif jika melihat ada oknum anggota yang melakukan pelanggaran, agar dapat berkoodinasi dengan pimpinannya. Bukan dengan harus mengunggahnya dan menjadi viral melalui media sosial (medsos).(MI10)

Editor : MMB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here