Jembatani Sumsel-Babel, OKI-Basel Perkuat Sinergi

241

METROPOLISINDONESIA.COM,KAYUAGUNG – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel bersama pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Provinsi Bangka Belitung sepakat saling sinergi dengan melakukan penandatanganan kerjasama pembangunan daerah.
Selain mendukung percepatan pembangunan jembatan, kerjasama yang disepakati dua daerah yang berbatasan secara maritim ini antara lain di bidang perhubungan laut, administrasi kependudukan catatan sipil, pertanian, pariwisata dan perikanan.

Penandatanganan kerjasama dilakukan Bupati Bangka Selatan H. Justiar Noer dan Wakil Bupati OKI H.M. Djakfar Shodiq, Jumat (26/7/2019) di Ruang Kerja Bupati Bangka Selatan di Tobo Ali.

“Nota Kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya terakhir di Kementrian PUPR, kita harus saling sinergi, serta saling menguatkan agar semua program pembangunan termasuk jembatan Bangka ke Sumsel dapat terlaksana dengan cepat dan baik, serta hasilnya segera dapat dirasakan oleh masyarakat Ogan Komering Ilir dan Bangka Selatan”Ungkap Wakil Bupati OKI, H.M. Djakfar Shodiq.

Wakil Bupati OKI, Dja’far Shodiq mengatakan, Pemkab OKI sangat mendukung rencana pembangunan jembatan yang akan kembali menyatukan Sumsel dengan Babel tersebut.
“Rencananya insya allah di Air Sugihan, itu lebih dekat. Pemkab OKI saat ini masih nego-nego. Kalau sudah ada rencana bangun jembatan, tentu kita harus siapkan akses jalan,” ujarnya.

Dinas PU OKI, kata Dja’far sudah diatensikan untuk menindaklanjuti pembangunan akses jalan tembusan dari titik lokasi jembatan. Saat ini, pemerintah pusat akan mempersiapkan feasibility study (FS) pembangunan jembatan.
“Insya allah kita mau segera mungkin, tapi belum bisa menentukan kapan. Tapi kami Pemkab OKI selalu mendukung pusat. Insya allah tahun 2020 sudah ada perencanaan,” terangnya.

Bupati Bangka Selatan (Basel) H. Justiar Noer berharap implementasi perjanjian kerjasama akan mempercepat pembangunan baik di Kabupaten Bangka Selatan maupun di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Semoga kerjasama ini terus berlanjut pada bidang dan sektor unggulang masing masing daerah,” harap Justiar
Justiar mengatakan, seiring wacana pembangunan Jembatan Bangka Sumatera (Bahtera) kedua daerah sepakat untuk mendukung dan melakukan persiapan-persiapan.

“Untuk akses jembatan (Bahtera) bahkan kami sudah buka jalan penghubung sepanjang 128 km ke sebagin. Jangka panjangnya jembatan tersebut akan terkoneksi dengan kawasan industri Sadai dan sekitarnya (KISS) dan minapolitan di bagian timur bahkan kita ingin Bangka terkoneksi ke Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS)” ungkap Justiar.(Ika) Editor/Posting : Malvin MA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here