Jenderal Andika Ucapkan Terima kasih Kepada Herman Deru dan Semua yang Mendukung Latgabma Super Garuda Shield 200 Antarara TNI dan Tentara Amerika

145

METROPOLISINDONESIA.COM,PALEMBANG – Jenderal Andika Ucapkan Terima kasih Kepada Herman Deru dan Semua yang Mendukung Latgabma Super Garuda Shield 200 Antarara TNI dan Tentara Amerika

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa didamping Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyaksikan Latihan Hirain/C-Rain Latma Garuda Shield-16/2022 dalam rangka Super Garuda Shield 2022 Matra Udara di VIP Room Bandara Sultam Mahmud Badaruddin (SMB II) Palembang, Selasa (9/8/2022).

Masih dalam rangkaian latihan gabungan (latgab) bersama Super Garuda Shield (SGS) 2022 antara tentara Amerika bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dilaksanakan di Pangkalan Udara Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang, selasa (9/8/22).

Hadir dalam latihan bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa didampingi gubernur Sumatera Selatan Herman Deru guna menyaksikan rangkaian kegiatan latihan.Latgab Sgs 2022 Tni Dan Tentara Amerika Di Lanud Smh Palembang

Rangkaian latihan SGS 2022 di Lanud SMH merupakan serangkaian Operasi Perebutan dan Pengoperasian Pangkalan Udara (OP3U) yang merupakan bagian dari Operasi Udara Khusus (OUK).

Latihan SGS 2022 di Lanud SMH mengerahkan sejumlah kendaraan tempur milik TNI seperti Howitzer Caesar TNI AD, pesawat Hercules C-130 TNI AU dan beberapa kendaraan lain.

Sementara Tentara Amerika Serikat menerjunkan kendaraan tempur peluncur roket artileri mobilitas tinggi (HIMARS) hingga pesawat MC-130J milik Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force).

Kepada awak media disela-sela menyaksikan latihan ini Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan, hari ini merupakan hari bersejarah bagi TNI karena untuk pertama kalinya interaksi cepat yaitu menggunakan senjata angkatan darat artileri medan sistem canon bersama prajurit Amerika Serikat.

Untuk Pertama kalinya kita lalukan interaksi cepat senjata angkatan darat artileri dengan kaliber 155 mm dengan berat 18,4 ton di pindahkan secara mobile kedalam pesawat hercules C30 dan melakukan manuver bersama prajurit Amerika Serikat yang menggunakan sistem roket, katanya.

Andika menyebut, dalam skenario latihan bagaimana menghadiri senjata bantuan dengan jarak jauh menggunakan pesawat. Dan tentunya ini akan menambah jam terbang bagi personil yang terlibat dalam latihan.

Skenario latihan ini pertama kali kita lakukan dengan menggelar alat utama sistem senjata (alutsista) di daerah dengan landasan yang bisa dilewati pesawat hercules ucapnya.

Andika mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru bersama Forkopimda Sumsel yang telah mendukung kegiatan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) 13 Negara Super Garuda Shield 200 di Sumsel Berjalan Lancar.

“Terima kasih kepada Pak Gubernur dan Forkopimda Sumsel serta para intansi lainnya seperti SMB II yang telah mendukung kegiatan ini sehingga berjalan lancar,” ungkapnya.

Dalam latihan ini para prajurit TNI Angkatan Udara bersama prajurit Amerika Serikat melakukan manuver menggunakan pesawat Hercules membawa alutsista dan diturunkan dari pesawat selanjutnya digunakan membidik sasaran dengan jarak jauh.

Turut hadir pada kesempatan ini, Pangkogabwilhan I, Laksdya TNI Muhammad Ali, Kasau, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Pangkoopsudnas, Marsdya TNI Andyawan Martono, Dankodiklat TNI, Letjend TNI Bambang Ismawan, Danpuslaylt Kodiklat TNI, Marsda Tcahyodi, Panglima TNI, Mayjen TNI Agus Suhardi, Ketus DPRD Sumsel, Hj R.A Anita Noeringhati serta para Kepala OPD Sumsel dan pejabat TNI/Polri juga Perwakilan Tentara Amerika.(VIN) EDITOR/POSTING MALVIN MAMORA 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here