MetropolisIndonesia.com,Jakarta – Presiden Joko Widodo kembali melantik kepala daerah hasil pemilihan gubernur 2018 di Istana. Pada hari ini, Jokowi Melantik Gubernur Sumsel Herman Deru dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018) pukul 11.00 WIB setelah penyerahan Keppres serta kirab dari Istana Merdeka. Herman Deru beserta wakilnya, Mawardi Yahya, begitu juga dengan wakil Isran, Hadi Mulyadi diambil sumpahnya secara Islam.

Presiden Joko Widodo  resmi melantik dua kepala daerah di Istana Negara, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Kepala daerah tersebut yaitu Gubernur Sumatera Selatan Herman Heru dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya.

Kemudian, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi.

Pelantikan kepala daerah ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 173P/2018 dan 174P/2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan periode tahun 2014-2023.

Prosesi pelantikan ini diawali dengan kirab budaya, dimana Presiden mengajak gubernur dan wakil gubernur terpilih berjalan dari Istana Merdeka menuju Istana Negara, Jakarta, dengan jarak sekitar 500 meter.

Acara pelantikan lalu dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan berdasarkan kepercayaan para gubernur dan wakil gubernur tersebut, kemudian penandatanganan berkas pelantikan serta dilanjutkan pemberian ucapan selamat.

Tampak hadir dalam acara ini, ‎Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, dan lainnya.

Pelantikan kepala daerah ini merupakan pelantikan tahap ketiga dari hasil Pilkada serentak 2018.

Sebelumnya Presiden telah melantik sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk tahap pertama hasil Pilkada serentak 2018.

Mereka di antaranya Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Sudirman Sulaiman.

Kemudian Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah.

Selanjutnya, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jawa Timur Taj Yasin Maimoen.

Selain itu, Gubernur Bali I Wayan Koster dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan, Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi.

Lalu Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

(Rill) Editor MMB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here