Kecamatan Sekayu Dapat Internet dan Website Percontohan Smart District

209

METROPOLISINDONESIA.COM,SEKAYU – Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) dalam mewujudkan Muba Smart Regency terus dibuktikan. Setelah dinyatakan sebagai salah satu dari 100 Kabupaten/Kota Smart City di Indonesia, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Muba, langkah-langkah strategis terus dilakukan, salah satunya diimplementasikan melalui Program Smart District (Kecamatan Cerdas).

Menurut Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin melalui Plt. Kepala Dinkominfo Muba Dicky Meiriando, sebagai langkah awal program ini, Kecamatan Sekayu sebagai Ibu kota Kabupaten Muba dijadikan percontohan program Smart District.

“Untuk mendukung program itu, kami (Dinkominfo Muba) telah memasang jaringan koneksi internet di kantor kecamatan beserta semua kantor kelurahan di Sekayu dan saat ini kantor-kantor tersebut sudah dapat mengakses internet yang diberikan Dinkominfo Muba,” ujar Dicky Meiriando ketika melakukan speed test jaringan akses internet, di Kantor Kecamatan Sekayu, Selasa (2/4/2019).

Selain itu, Dinkominfo Muba juga telah memfasilitasi pembuatan website untuk Kecamatan Sekayu, Kelurahan Serasan Jaya, Kelurahan Soak Baru, Kelurahan Balai Agung dan Kelurahan Kayuara. Website tersebut telah terkoneksi satu sama lainnya dan terintegrasi dalam website Pemkab Muba.

“Dengan telah tersedianya jaringan koneksi internet dan website, tinggal melengkapinya dengan aplikasi-aplikasi digital untuk mendukung layanan administrasi pemerintahan dan layanan publik. Nanti, kami akan berkoordinasi dengan perangkat daerah atau instansi pemerintahan yang telah memiliki aplikasi untuk dapat melakukan integrasi sistem elektronik dengan Kecamatan dan Kelurahan di Sekayu,” katanya.

Camat Sekayu Marko Susanto mengatakan, berterima kasih kepada Bupati Muba melalui Dinkominfo Muba yang telah menjadikan Kecamatan Sekayu sebagai Pilot Project Program Smart District yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi di Kecamatan Sekayu menuju Government 4.0.

Menurut dia, keberadaan internet dan website ini dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi aparatur kecamatan dan kelurahan di Sekayu, dan dapat membantu aparatur kecamatan dan kelurahan dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan secara efektif dan efisien, serta nantinya dapat membantu memberikan kemudahan dalam pelayanan masyarakat.

“Saya juga berharap program positif ini nantinya dapat diperluas sampai ke seluruh desa yang ada di dalam Kecamatan Sekayu,” ujar Marko.(Nia/Rill) Editor/Posting : Malvin MA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here