Lakukan Ini agar Mesin Tak Rusak Ketika Mobil Overheat

208

Metropolisindonesia.com,Otomotif Tips Salah satu masalah yang kerap dialami para pemilik mobil lawas adalah naiknya suhu mesin melewati batas.

Masalah yang biasa disebut dengan istilah overheat ini umumnya terjadi, saat mobil digunakan untuk berkendara dengan jarak cukup jauh.

Cuaca yang sangat panas dan kondisi mesin yang kurang prima menjadi penyebab munculnya masalah ini. Tidak jarang mobil harus diderek ke bengkel, akibat pengemudi salah melakukan penanganan darurat.

General Manager After Sales PT Toyota Astra Motor, Dadi Hendriyadi menjelaskan, langkah pertama yang harus dilakukan pengemudi saat mesin overheat adalah mematikan pendingin udara atau AC.

“Kalau overheat atau mesin panas berlebih, coba matikan AC dulu. Kalau masih terlalu panas, segera cari tempat aman dan matikan mesin untuk mencegah kerusakan mesin,” katanya kepada VIVA, Kamis 5 April 2018.

Setelah itu, Dadi mengimbau pengemudi segera memanggil mekanik atau bengkel terpercaya untuk memeriksa mesin kendaraan.

“Segera menghubungi bengkel atau teknisi kompeten. Kenapa panduan di atas sifatnya umum, karena masalah mesin bisa banyak penyebabnya. Tiap penyebab ada cara penanganan masing-masing,” ujarnya. (VIVA/MI33)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here