MetropolisIndonesia.com,Jakarta –Jumlah gugatan Pilkada Sejauh ini Mahkamah Konstitusi (MK) telah menerima 65 permohonan sengketa pilkada tahun 2018 hingga Jumat (13/7) petang. Enam diantaranya adalah gugatan terhadap Pemilihan Gubernur (Pilgub) yakni Sumatera Selatan, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Sulawesi Tenggara.

Khusus dari Sumsel, selain pilgub juga ada gugatan terhadap Pilwako Palembang, Pilbup Banyuasin dan Lahat. Rata-rata gugatan mendalilkan terjadinya dugaan kecurangan yang Terstruktur, Sistematis dan Masif (TSM) meskipun persentase perolehan suara tidak memenuhi syarat ambang batas.

Juru Bicara MK Fajar Laksono mengaku belum bisa memastikan berapa jumlah perkara yang bakal masuk. Lantaran saat ini masih masa tenggat melengkapi berkas bagi Pemohon. Meskipun jadwal pendaftaran Permohonan sudah ditutup pada Rabu (11/7) lalu.

Saat ini katanya MK sedang melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas perkara yang masuk. Kelengkapan berkas menurutnya cukup penting. Lantatan jika berkas permohonan tidak lengkap maka gugatan tidak akan diregistrasi dalam BRPK dan tidak akan diperiksa hakim. (MI33)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here