Memasuki Musim Hujan,Amrialis Ingatkan Warga Jangan Buang Sampah Sembarangan

115

METROPOLISINDONESIA.COM,KEPRI – Memasuki musim penghujan, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan (DPRKPKP) Kota Tanjungpinang, Amrialis mengingatkan warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Ia juga mengingatkan masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan.

Menurut Amrialis, dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan mendukung program pemerintah sektor Pariwisata, petugas DPRKPKP Kota Tanjungpinang terus melakukan pembersihan sampah. Utamanya yang berada di saluran-saluran air.
“Masih banyaknya sampah rumah tangga di saluran air membuktikan bahwa tingkat kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan yang berdampak belum tinggi. Ini akan berdampak langsung pada keindahan kota dan dunia pariwisata, sebab sampah ini akan ke laut,” katanya.
Perlu ada kerjasama dari semua pihak yang guna mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
DPRKPKP menggandeng DLH dan Dinas Pendidikan. Dinas Pendidikan lewat sekolah-sekolah memberikan pemahaman kepada murid bagiamana menjaga lingkungan. “Karena kesadaran membuang sampah harus dimulai sejak bangku sekolah,” ujarnya.
Saat ini Pemerintah Kota Tanjungpinang sedang meningkatkan sektor Pariwisata untuk menunjang program nasional, tentunya harus diimbangi dengan kesadaran masyarakat jangan membuang sampah sembarangan.
Menurut Amrialis, persoalan sampah mulai harus diseriusi semua kalangan. Pasalnya pemandangan sampah yang menumpuk dan menimbulkan bau tak sedap cukup banyak dan mengganggu masyarakat. Padahal masyarakat sendiri yang membuang sampah sembarangan.
Kondisi cuaca yang saat ini selalu turun hujan deras selama beberapa hari, membuat tersumbat, sehingga menimbulkan genangan sampai ke sisi rumah warga.
Persoalan sampah ini harus dimulai dari kesadaran masyarakat itu sendiri. Tetapi persoalan ini tampaknya menjadi persoalan yang tak bisa diatasi, karena memang budaya yang sudah mengurat mengakar, ujarnya. (Halex)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here