MetropolisIndonesia.com,Palembang – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo Resmi melantik Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Drs Hadi Prabowo untuk menggantikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Jumat (21/9) di Griya Agung menggantikan Alex Noerdin yang telah mengundurkan diri dari jabatan kepala daerah tersebut.

Tjahjo mengatakan seorang penjabat gubernur memiliki tugas penting untuk memastikan program strategis pemerintah pusat di provinsi terkait sampai ke tingkat desa.

“Pj Gubernur Sumsel harus bisa melanjutkan tata kelola di dalam waktu transisi antara pemerintahan yang dipimpin Alex Noerdin dan nantinya pejabat gubernur definitif Herman Deru,” terangnya.

Mendagri menerangkan sebetulnya masa jabatan Alex Noerdin sebagai Gubernur Sumsel di periode kedua baru akan berakhir pada 7 November 2018. Namun, Alex mengundurkan diri lebih awal karena mengikuti proses pendaftaran sebagai calon legislatif (caleg) pada Pileg 2019.

“Kewajiban Pj Gubernur adalah menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018 dan menyiapkan RPJMD 2018-2023, sekaligus juga melakukan mediasi atas visi dan misi gubernur baru,” paparnya.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 130/P/2018.

“Penjabat Gubernur Sumsel ini untuk mencegah kekosongan jabatan Gubernur Sumsel sambil menunggu jadwal pelantikan Gubernur Sumsel definitif.

Menteri Dalam Negeri RI, Tjaho Kumolo mengatakan Provinsi Sumsel selama 10 tahun dibawah kepemimpinan Gubernur Alex Noerdin sangat banyak capaian prestasi-nya dan hal ini patut dicontoh oleh Provinsi di Indonesia.

“Sumsel ini Provinsi yang paling banyak prestasinya, ini harus dipertahankan bahkan ditingkatkan oleh Gubernur selanjutnya,” ungkapnya.

Mendagri menambahkan, disamping itu juga Provinsi Sumsel mampu meningkatkan perekonomian dan percepatan pembangunan.”Pak Alex Gubernur yang luar biasa, Sumsel terus menjadi sorotan nasional dengan capaian kerja-nya yang sangat maksimal,Sehinggah mendapatkan berbagai prestasi salah satunya sukses mengadakan Asian Games” ujarnya.

Hadi Prabowo dinilai sebagai sosok birokrat yang berpengalaman, yang pernah mengemban jabatan sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama 10 tahun.

“Kala itu, Presiden RI Joko Widodo masih menjadi Walikota Solo. Kemudian, Hadi Prabowo berkarir di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan jabatan deputi perbatasan,” ujar Tjahjo.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumsel Hadi Prabowo menegaskan dirinya siap meneruskan program prioritas daerah.

“Saya juga akan membina iklim yang kondusif di wilayah Sumsel serta tata kelola hubungan pemerintahan antar daerah di provinsi ini,” ujarnya.

Prabowo menekankan perlunya menjaga situasi yang kondusif menjelang proses Pemilu 2019. Dia juga menargetkan tingkat partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi nasional tersebut dapat meningkat.

Alex Noerdin didampingi Ishak Mekki pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pembangunan dan program Provinsi Sumsel selama ini.

“Kami haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Daerah se-Sumsel yang selama ini pro aktif turut serta menyukseskan pembangunan di Sumsel,” Ujarnya.

Laporan : Nia/MI02

Editor/Posting : Malvin Mamora Baraf

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here