MTQ XXVIII Sumsel 2018 Di Ogan Ilir Spektakuler

223

Metropolisindonesia.com,Ogan Ilir – Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 28 tingkat Provinsi Sumsel yang berlangsung di Kabupaten Ogan Ilir (OI) resmi dimulai, Sabtu (28/4/18). Sementara pembukaannya dilaksanakan, Jumat (27/4/18) malam di Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Inderalaya oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.
Pembukaan MTQ yang cukup spektakuler itu diawali dengan defile peserta MTQ dari 17 kabupaten/Kota se Sumsel yang berjumlah 777 orang. Dimulai dari lapangan gedung DPRD OI hingga ke mimbar utama yang berada dilapangan upacara tempat berlangsungnya pembukaan MTQ.
Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh qori senior Prof DR H Anis Saggaff (Rektor Unsri) yang berkolaborasi dengan Prof Dr H Said Agil Husin Al Munawar MA (Mantan Menteri Agama RI).
Bupati Ogan Ilir HM. Ilyas Panji Alam mengatakan melalui MTQ ke 28 tingkat propinsi sumsel tahun 2018 ” mari kita raih keberkahan alquran menjadi kesuksesan Asean Games menuju Sumsel gemilang”. MTQ dlaksanakan dari tanggal 27 April – 4 Mei 2018.
Sementara Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin mengatakan, pelaksanaan MTQ dapat menjadi forum silaturrahmi, sekaligus menumbuhkan kecintaan memahami dan mempelajari alquran. Pelaksanaan MTQ jangan sekedar kegiatan rutinitas saja, terpenting prilaku umat sebaiknya selaras dengan makna yang terkandung dalam al quran.
Pembukaan MTQ diwarnai dengan Pelantikan dewan hakim, penyerahan piala bergilir dari kota Madya Palembang sebagai juara umum MTQ ke 27 tahun 2016 kepada Gubernur Sumsel,
pengibaran bendera MTQ dan pemukulan beduk serta dihibur band Wali.
Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke XXVIII Tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Kabupaten Ogan Ilir (OI) telah berakhir, ditutup pada Jum’at malam (4/5/2018) oleh Asisten III Setda Sumsel Edwar Juliartha mewakili Gubernur Sumatera Selatan.
Dalam sambutannya Asisten III mengatakan, bagi yang belum berhasil jangan putus asa, ini merupakan kegagalan yang tertunda. “Kalian merupakan perwakilan terbaik dari kabupaten masing-masing dan nantinya bagi yang juara untuk mengikuti MTQ tingkat nasional mewakili Sumatera Selatan, September 2018 di Medan, agar tetap berlatih lagi dengan disiplin, perlu pembinaan lagi,” katanya.
Bupati OI HM. Ilyas Panji Alam dalam laporannya mengatakan, setiap cabang yang dipertandingkan mengacu pada juklak nasional dan pada MTQ ke 28 tahun 2018 di Kabupaten OI, diikuti 685 peserta dari 17 kabupaten/kota di Sumatera Selatan. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu sehingga pelaksaan MTQ ke 28 di Kabupaten OI bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” katanya.
Sementara Dewan hakim KH. Nawawi Dencik Al Hafiz mengatakan, dari hasil perolehan nilai dan juara, maka ditetapkan juara umum diraih Palembang, peringkat ke II Ogan Ilir, Peringkat III OKI, sementara untuk harapan I Musi Banyuasin, Harapan II Muratara dan harapan III Prabumulih,” katanya.
Acara dilanjutkan dengan pembagian tropi kepada pemenang, juga penyerahan kembali tropi bergilir kepada kota Palembang yang tahun ini masih dipegang Palembang, dan menjadi juara umum, penutupan ditandai dengan pemukulan bedug. (ADV/Yasandi/Vin)   

Editor : Malvin Mamora Baraf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here