Metropolisindonesia.com,Kayuagung Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan, pada Musrenbang tahun 2019 masih memfokuskan pada pembangunan infrastruktur jalan yang ada di Bumi Bende Seguguk.

Hal ini katakan Plt Bupati OKI, MH Rifai, SE pada pembukaan Musrenbang di aula kantor Bappeda OKI dengan tema, Pemerataan Pembangunan untuk Penggulangan Kemiskinan. Lebih jauh Plt Bupati OKI HM Rifai SE mengatakan, musrenbang harus disinkronkan dengan pemerintah pusat terkait kepentingan masyarakat. “Kegiatan pembangunan kerja pemerintah daerah harus sinkron dengan pemerintah pusat, dan pelaksanaan pemerataan pembangunan untuk penanggulangan kemiskinan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt, Bupati OKI H.M Rifai mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan melalui perwakilannya dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2019 ini.“Perlu kami informasikan bahwa dalam penyusunan perencanaan pembangunan daerah Kabupaten OKI telah diharmonisasikan dan disinkronisasikan dengan 5 program nasional dan 4 program prioritas Provinsi Sumsel”, kata Rivai
“Dalam kesempatan ini kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten OKI berharap agar Pemerintah Provinsi Sumsel dapat memperhatikan dan membantu peningkatkan infrastruktur, khususnya ruas jalan yang merupakan kewenangan pemerintah provinsi yang ada di Kabupaten OKI, sehingga secara bertahap kesenjangan wilayah dan kemiskinan dapat berkurang. Dan kepada seluruh peserta musrenbang RKPD ini agar berperan aktif dalam setiap pembahasan”, ungkap Rifai.

Musrenbang dilaksanakan selama 2 hari, Senin-Selasa (26-27/3/2018) yang dihadiri lapisan pejabat daerah, di Kabupaten OKI, mulai dari pejabat tinggi hingga ke pejabat kecamatan hadir di acara ini.

Sementara itu Kepala Bapeda OKI, Makruf CM SIP MM dalam sambutanya memaparkan rencana pembangunan yang ada di Kabupaten OKI. Musrenbang difokuskan pembangunan infrastruktur jalan yang ada di pelosok desa hingga ke dalam kota. “Untuk Musrenbang OKI tahun 2019 ini, kita fokus dengan pembangunan infrastruktur jalan, Karena jalan menjadi prioritas kemajuan ekonomi dan kesejahteraan” kata Makruf.Setelah memaparkan secara rinci capaian dan program kegiatan prioritas usulan masyarakat yang disampaikan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) desa serta kecamatan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan, Makruf, CM, S.Ip juga memaparkan rancangan prioritas pembangunan daerah dalam RKPD tahun 2019.

Hal ini dikemukakannya dalam acara Musrenbang RKPD Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tahun 2019 dengan tema ‘pemerataan pembangunan untuk penanggulangan kemiskinan’ yang dihadiri langsung oleh Plt. Bupati OKI H.M. Rifai dan unsur Muspida, serta DPRD Kabupaten OKI bahkan perwakilan Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, di aula rapat kantor Bappeda OKI, Senin (26/3/2018)

Makruf mengatakan, selain capaian yang telah dilaksanakan dan rancangan prioritas pembangunan daerah dalam RKPD tahun 2019 yang telah disampaikan tadi, Pemerintah Kabupaten OKI juga meminta agar pihak Pemerintah Provinsi Sumsel dapat membantu menyelesaikan permasalahan infrastruktur di Kabupaten OKI yang menjadi kewenangannya.

“Terutama kerusakan infrastruktur jalan provinsi, karena berada di Kabupaten OKI maka pihak Pemkab yang kena ‘bully’. Padahal kerusakan tersebut merupakan kewenangan Provinsi Sumsel untuk memperbaikinya”, tegas Makruf seraya menambahkan, oleh karena itu mohon jadi perhatian pihak provinsi untuk menyelesaikannya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Sosial Budaya (Sosbud) Bappeda Provinsi Sumsel, Eli Suryani mengatakan, tidak ada lagi yang perlu dijabarkan karena semuanya telah disampaikan secara rinci oleh Kepala Bappeda OKI “Apa yang disampaikan kali ini akan disinkronkan dengan RKPD provinsi, mengenai pesan tadi akan kita sampaikan”, tegas Eli Suryani (MI01/vin)

Editor : Malvin Mamora Baraf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here