Pasca Bentrok, Pemkab OKI dan Mesuji Lakukan Langkah Persuasif

196

METROPOLISINDONESIA.COM,KAYUAGUNG—Langkah Persuasif  dilakukan oleh Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel) dan Pemkab Mesuji, Provinsi Lampung. Dengan dibantu oleh anggota TNI dan Polri terhadap keluarga korban dan kedua belah kelompok warga yang terlibat bentrok di Register 45 Mesuji Lampung, Rabu lalu.

Kedua pemerintah Daerah didukung aparat memastikan suasana kondusif dan masyarakat setempat tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Bupati OKI, H. Iskandar, SE yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. H. Antonius Leonardo, M.Si, didampingi Kapolres OKI, AKBP Donni Eka Syaputra mengatakan, langkah pendekatan kepada pihak keluarga korban dan warga telah kita lakukan guna mendinginkan suasana.

“Mulai dari berkunjung kerumah duka hingga ke pemakaman, termasuk juga melakukan pendekatan secara persuasif kepada pihak keluarga korban dan masyatakat,” katanya sembari menjelaskan situasi di Mesuji OKI dan Lampung aman dan kondusif, Kamis (18/7/2019).

Kapolres OKI, AKBP, Donni Eka Syaputra menambahkan, meski situasi saat ini aman dan kondusif anggota Polri bersama TNI tetap siaga untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Kondisi kondusif, namun kita tetap siaga dengan menyebarkan personil untuk berjaga-jaga. Bahkan ada bantuan personil dari Brimob dan Polda Sumsel,” ungkap Donni.

Tidak hanya Pemkab OKI yang memberikan nasehat serta himbauan kepada pihak keluarga korban, agar dapat menahan diri dan tidak terpancing emosi dengan merajut tali persaudaraan, kerukunan, juga melakukan hal serupa dengan meminta kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi. Apalagi percaya dengan mendengar sudah ada pesan berantai melalui media sosial yang menyatakan kondisi di Mesuji OKI tidak aman.

“Tidak benar itu, kita imbau agar masyarakat tidak panik dan semua harus tenang. Percayakan penyelesaian konflik ini kepada TNI dan Polri. Sebab, jumlah personil gabungan TNI dan Polri baik di Mesuji OKI maupun Mesuji Lampung yang disiagakan dilokasi sudah cukup untuk mengamankan TKP,” ungkap Kapolres OKI.

Terpisah, tidak hanya di Mesuji OKI, situasi yang aman dan kondusif juga terwujud diwilayah hukum Mesuji Lampung. Seperti halnya disampaikan oleh Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pandra Arsyad.

“Saat ini kondisi di lokasi bentrok kondusif. Ratusan petugas TNI-Polri masih berada di tempat pasca bentrokan antar dua kelompok warga tersebut,” kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pandra Arsyad, di Bandar Lampung, Kamis (18/7/2019).

Kondisi di Mesuji, lanjut dia, saat ini kondusif dan masyarakat setempat tetap melakukan aktivitas seperti biasa.
Di sisi lain, Polda Lampung bersama pihak terkait tengah melakukan mediasi agar tak terjadi bentrokan susulan.
Mediasi dilakukan bersama pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan forkopimda setempat.

Rencannya, setelah melakukan pendekatan secara persuasif dilakukan terhadap pihak keluarga korban, hingga kepada masing-masing kelompok warga yang terlibat bentrok, kepolisian bersama pihak terkait akan melakukan mediasi, agar tidak terjadi lagi bentrok susulan antar warga,

Tentunya mediasi juga akan melibatkan Polres OKI, karena ada warga daerah setempat yang menjadi korban pada bentrok antar warga tersebut,” ujarnya berharap agar mediasi yang mempertemukan warga yang bertikai akan berlangsung baik dan kedua belah pihak menerimanya, sehingga keadaan di daerah tersebut kondusif dan masyarakat dapat melakukan aktivitas seperti biasa.(tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here