Pejabat Diskominfo Sumsel Ikut Rakoor Layanan Vidcon

267

MetropolisIndonesia.com,Jakarta – Sukses dalam pelaksanaan layanan Vidcon Pilkada Serentak pada tanggal 27 Juni 2018 yang lalu, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia selaku penyelenggara (Video Conference) Vidcon serentak mengundang  34 untusan Provinsi Se Indonesia yang terdiri dari  Penanggung Jawab dan PIC Layanan Vidcon.

Acara dibuka oleh Plh. Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Drs. Hamdani AK.MM., M.Si. Berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 1 sampai dengan 3 April 2019, bertempat di Hotel Arya Duta Gambir Jakarta Pusat.

Tujuan dari kegiatan rakoor layanan vidcon ini adalah mengoptimalkan penggunaan vidcon dalam rangka pelakasanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Calon Legislatif (Pileg) serta terkait konsultasi yang ada di Kemendagri antara lain Ditjen Bina Keuda, Dukcapil, Poldagri, Bina Adwil, Bina Bangda.

Selain hal tersebut diatas disampaikan juga tujuan yang utama diselenggarkannya acara rakoor ini adalah untuk memastikan secara langsung via teleconference terkait kesiapan pelaksanaan pemilu di daerah, memastikan persoalan dan hambatan yang muncul di daerah dalam pelaksanaan pemilu sehingga dapat segera dilakukan antisipasi solusi untuk kelancaran pemilu dan mendorong penguatan fungsi koordinasi dan sinergitas antar stakeholders pemilu dalam kerangka membantu kelancaran pelaksanaan pemilu.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan Jon Kennedy, SE., M.Si ikut hadir dalam acara ini didampingi Kepala Seksi Persandian Marwanika, SH dan satu orang staf di Bidang Teknologi Informasi Komunikasi dan Persandian Diskominfo Prov.Sumsel Widyasmoro, ST.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI Drs. La Ode Ahmad, AP., M.Si dalam paparannya yang berjudul Penggunaan Teleconference Pada Pelaksanaan Pemantauan Perkembangan Politik di Daerah Pada Pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019 menyampaikan beberapa hal antara lain Kerawanan Dimensi Tahapan meliputi Prediksi Kerawanan Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2019 (Masa Kampanye. Masa Tenang dan Punggut suara, Penghitungan dan Rekap Suara, Penetapan Calon Terpilih dan Penyelesaian Pelanggaran dan Sengketa Hasil Pemilihan).

Sementara untuk Kerawanan Dimensi Faktor Potensi meliputi “Regulasi, Penyelenggaraan, Peserta, Pemilih, Logistic, Media dan Media Sosial”, ujar La Ode Ahmad.

“Pemetaan Kerawanan Pada Pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019 pada Aspek logistic disusun dengan berdasarkan 3 variabel dalam menentukan skala kerawanan yang ada di setiap Provinsi sebagai bahan gambaran umum yang disusun sesuai dengan perspektif dari Kemendagri dan Pemerintan Daerah”, pungkas La Ode Ahmad.(Nia/Rill) Editor/Posting : MMA

MC Diskominfo Prov. Sumsel

Sumber Kasi Persandian Diskominfo Sumsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here