MetropolisIndonesia.com,Jakarta- Kabar gembira Pemerintah akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS baru tahun ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan penerimaan CPNS akan diumumkan setelah adanya penetapan formasi.

“Penetapan sekitar 1-2 minggu lagi, kemudian baru diumumkan penerimaan CPNS,” kata Asman.

Asman mengatakan, jumlah PNS yang akan direkrut sekitar 220-250 ribu orang. Namun, ia enggan mengungkapkan gambaran formasinya karena butuh waktu untuk melakukan finalisasi. Kementeriannya bersama Badan Kepegawaian Nasional (BKN) masih memperhitungkan sejumlah faktor, seperti jumlah pegawai yang akan pensiun tahun ini dan belanja pegawai di pemerintah pusat dan daerah.

Menurut Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan, penerimaan CPNS 2018 kemungkinan akan diumumkan pada akhir Juli 2018. Ridwan mengatakan dari total jumlah penerimaan CPNS, formasi yang paling dibutuhkan adalah tenaga pendidik atau guru sekitar 100 ribu orang.

Selain tenaga pendidik, formasi lain yang diutamakan ialah tenaga kesehatan, seperti dokter, bidan, dan perawat. “Ini untuk mengisi sesuai dengan arah nawacita Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo), terutama daerah terluar, tertinggal, dan terbelakang,” ujar Ridwan.

Ridwan mengungkapkan, penerimaan CPNS tahun ini juga menambah formasi alternatif. Jika sebelumnya dibuka jalur prioritas bagi penyandang disabilitas, lulusan cum laude, dan putra-putri Papua, kini pemerintah membuka kesempatan bagi dispora dan atlet berprestasi taraf dunia.(nt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here