Perkim Bintan Jelaskan Proyek Penataan Ruang Terbuka Hijau Masjid Baitul Makmur

67

METROPOLISINDONESIA.COM,KEPRI BINTAN – Kegiatan Pembangunan Tata Ruang Masjid Baitul Makmur Kelurahan Tanjunguban Selatan, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan yang ramai diberitakan dalam media, proyek amburadul, tambal sulam, tidak sesuai bestek, seperti ketebalan coran, cat yang mengelupas, dan batu alam yang pecah.

Kasie pengadaan parasarana dan sarana umum Evan Mengatakan Perlu kami sampaikan pembiayaan pembangunan dan penataan ruang terbuka hijau masjid baitul makmur kelurahan tanjunguban selatan, kecamatan bintan utara, kabupaten bintan sebesar Rp.2.808.518.692,09 dari APBD kabupaten bintan Tahun Anggaran 2019 dengan waktu pelaksanaan 180 hari.

Pembangunan ini dilaksanakan oleh kontraktor CV. NABILA PERMATA dengan direktur ZULKIFLI dan kunsultan pengawasan CV. YUDHA KARYA KONSULTAN, dalam perjalanan sejak dari awal sebulum di mulainya pembangunan ruang terbuka ini dinas perumahan dan kawasan permukiman kabupaten bintan merencanakan pendampingan oleh tim pengawal, pengamanan pemerintahan dan pembangunan daerah (TP4D) oleh Kejaksaan Negeri Bintan.

Dalam perjalanan pelaksanaan pembangunan dinas cukup intens dalam berkoordinsi dengan tim TP4D dalam bentuk asistensi dan pengawasan lapangan sebagai bentuk pengawalan, pengamanan pemerintahan dan pembangunan daerah (TP4D), jadi cukup ironis sekali kalau kegiatan ini diberitakan miring dan tidak sesuai kenyataan dalam proses pembangunan serta pengawasannya di lapangan.

Lebih jauh Evan Mengatakan dalam berita ini perlu dinas perumahan dan kawasan permukiman kabupaten bintan untuk mengklarifikasi pemberitaan yang menyudutkan ini.
1. Ketebalan coran lantai hanya 5 cm dan 7 cm Pada pelaksanaan dilapangan ada pekerjaan
• beton k100 setebal 3 cm di lantai kerja di bawah batu alam;
• pekerjaan pelat beton k150 pada siting group dan planter box setebal 10 cm;
• Pekerjaan coran lantai beton k100 di area taman setebal 10 cm.

Jadi cukup bervariasi ketebalan beton pada pekerjaan coran di lokasi pekerjaan RTH Masjid Baitul Makmur ini disesuaikan dengan perencanaan dan kebutuhan.

Dan semuanya sudah dilakukan pengecekan dan pengawasan baik dalam bentuk pengukuran volume (opname) secara berkala dilapangan, foto dokumentasi dan campuran mutu beton untuk memastikan semua pekerjaan beton sesuai bestek dan volume sesuai RAB yang dibayarkan kepada kontraktor.

2. Terkelupasnya cat pada pekerjaan lantai beton area taman
Cat yag digunakan adalah cat merk TENNOKOTE yang berbahan emulsi akrilik yang disesuaikan untuk kondisi luar ruangan, kondisi di lapangan memang sudah ada yang terkelupas dibeberapa titik, disini perlu kami sampaikan bahwa pekerjaan di lapangan cukup luas dan di bebeapa lokasi pengecatan usia matangnya beton belum sampai waktunya untuk dilakukan pengecatan karena mengejar waktu pelaksanaan.

Ini yang menyebabkan menjadi terkelupasnya cat yang dikerjakan. Selain foktor usia matang beton, faktor panas yang cukup tinggi di area pekerjaan juga menyebabkan terlalu cepat mengerasnya campuran beton pada permukaan sehingga apabila dilakukan pengecatan pada permukaan beton, menyebabkan adanya uap air di bawah permukaan pengecatan dan dipastikan cat mudah terkelupas apabila adanya gesekan dari kaki pengunjung atau gesekan benda lain.

Adapun penyebab keretakan pada permukaan batu alam karena belum optimalnya kepadatan tanah timbunan dan adanya dititik tertentu ruang kosong dibawah permukaan batu alam.

Adanya plat beton yang pecah akan kami sampaikan bahwa lokasi yang dimaksud adalah lokasi pendestrian yang diperuntukkan untuk pejalan kaki, adapun penyebab kerusakan disampaikan adanya kendaraan roda 4 yang memutar dilokasi dan dalam proyek pekerjaan ini mutu beton yang digunakan adalah mutu beton K-150 bukan beton struktur yang bisa dilalui oleh kendraan roda 4 apalagi truck bermuatan.

Perlu kami sampaikan juga bahwa pekerjaan ini berkontak sampai dengan selesainya masa pemeliharaan. Maka kerusakan yang terjadi selama masa pemeliharaan ini, kami selaku dinas akan tetap mengawasi secara berkala dan memastikan kewajiban rekanan kontraktor pelaksana untuk memperbaiki segala kerusakan telah terpenuhi secara maksimal sesuai dengan apa yang kami harapkan.Jelasnya.(HL) EDITOR/POSTING : MMA 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here