@ Endri Irawan : Instruksi Itu Jangan Ditunda tunda

Metropolisindonesia.com,OKI

Peraturan Disiplin PNS

Dalam PP pasal 3 No. 30 tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin PNS disebutkan definisi peraturan disiplin sebagai peraturan yang mengatur kewajiban, larangan, dan sanksi apabila kewajiban tidak ditaati atau larangan dilanggar oleh PNS. Bagi setiap Pegawai Negeri sipil yang tidak melaksanakan kewajiban dan melanggar larang sebagai mana di sebutkan pada pasal tersebut akan dikenai sanksi berupa hukuman disiplin. Pelanggaran yang di maksud dalam pasal 4 ialah;

“setiap ucapan, tulisan, atau perbuatan Pegawai Negeri Sipil yang melanggar ketentuan sebagai mana di maksud dalam pasal 2 dan 3”.

Selanjutnya dalam penjelasan pasal tersebut dikemukakan bahwa;

  1. Yang dimaksud dengan “ucapan” adalah kata-kata yang diucapkan dihadapan atau dapat terdengar oleh orang lain, seperti dalam rapat, ceramah atau diskusi, melalui telepon, radio, televisi, rekaman, atau dengan alat komunikasi lainnya.
  2. Yang dimaksud “tulisan” adalah pernyataan fikiran dan atau perasaan secara tertulis baik dalam bentuk tulisan maupun dalam bentuk gambar, karikatur, coretan, dan lain yang serupa dengan itu.
  3. Yang dimaksud dengan “perbuatan” adalah setiap tingkah laku, sikap atau tindakan.

Akhirnya Plt Bupati OKI, HM Rifai, SE bertindak tegas lantaran instruksinya kepada Sat Pol PP untuk mendata jumlah galian C belum juga dilaksanakan tidak diindahkan hingga saat ini. Rifa’i segera memanggil Kasat Pol PP. “Hari ini akan saya panggil Kasat Pol PP nya.”tegas Plt Bupati OKI, Jumat (13/4/2018)

Ketua Komite Pemuda Pedamaran (KPP) OKI, Erpani, sebelumnya bersama warga menggelar aksi demo di kantor Camat Teluk Gelam, mereka sangat kecewa dengan keberadaan galian C yang banyak tak berizin. Keberadaan kendaraan yang beroperasi juga membuat kerusakan jalan di kawasan jalan Teluk Gelam. “Kita minta jumlah galian C ini di data.”ungkapnya.

Tokoh pemuda OKI, Endri Irawan,SH sangat mengepresiasi pernyataan Plt Bupati OKI, HM Rifai SE yang mengintruksikan Sat Pol PP untuk mendata jumlah galian C. “Kita apresiasi, tapi jangan ditunda tunda instruksi itu. “pinta Endri.

Kasat Pol PP, Alexander Bustomi, membenarkan telah mendapat instruksi dari Plt Bupati untuk mendata jumlah galian C, dia berjanji akan segera dilakukan pendataan tersebut.”Walaupun perizinan galian C adalah kewenangan provinsi, namun kita akan tetap melakukan pendataan.”janjinya.

Sebelumnya pada HUT Pol PP OKI tiga pekan lalu, Plt Bupati OKI, HM Rifai SE telah berjanji menginstruksikan Sat Pol PP untuk mendata jumlah galian C di OKI, namun hingga saat ini instruksi itu belum juga dilakunan . (MI01/SMN)

Editor : Malvin Mamora Baraf

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here