PT TMPJ: 142 Driver Teman Bus Uji Sertifikasi Program Buy The Service

200

METROPOLISINDONESIA.COM,PALEMBANG – PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) adakan pelatihan uji sertifikasi pengemudi sebanyak 142 driver teman bus program buy the service di Hotel Santika Premiere Bandara, Jumat (1/10/2021).

Direktur PT TMPJ, Antoni Rais mengatakan pelatihan bagi para driver ini dilakukan setahun dua kali untuk sertifikasi langsung dari Kementrian Perhubungan dan SOP dari manajemen pengelola. Jadi pelatihan ini memang langsung mereka ikuti dan diuji secara langsung oleh kementrian. Selama dua hari mereka mengikuti pelatihan ini, ujarnya.

Lanjut dia, hari pertama ini mereka mengikuti pelatihan teori dan besoknya akan dilakukan praktek mengemudi.

Jadi mereka dinilai membawa mobilnya. Kalau ngebut sampai melebihi 50 km per jam akan kena denda sebesar Rp 200 ribu, kalau makan dan minum selama membawa mobil juga bisa kena denda Rp 100 ribu dan begitu juga main HP, bebernya.Oleh karena itu para driver ini memang dibekali pemahaman dan aturan yang telah sesuai SOPnya,bagi driver yang tidak memenuhi standar maka bisa tidak lolos saat uji sertifikasi ini. Tahun lalu ada satu yang gak lolos uji sertifikasi karena memang sakit, jelas Anthoni.

Namun, sejauh ini kata Anthoni terkait pelanggaran para driver tidak ada yang fatal. “Paling melanggar seperti ngebut itu sedikit hanya satu sampai dua pelanggaran tapi selalu kita ingatin dan kita juga kan ada CCTV di dalam dan diluar bus sehingga bisa memantau para driver ini, ” ujarnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Palembang Faisal mengatakan mereka mengimbau agar para driver ini agar dapat bekerja semaksimal mungkin.

Selain itu para driver juga harus memelihara mobil dengan baik. Tanamkan rasa tanggung jawab, jangan hanya bawa saja tapi gak pernah perhatiin kondisi mobil,”tegasnya.

Jangan sampai mobil belum setahun nanti banyak yang rusak. Karena kita mendapatkan mobil ini dari pusat susah, jangan sampai diberlakukan asal-asalan, pelihara dengan rasa tanggung jawab,tegasnya.(MORA) EDITOR/POSTING : MALVIN MA 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here