PU Bangka Belitung Fokuskan Peningkatan Pemeliharaan Berkala Infrastruktur Jalan Jembatan

544

Metropolisindonesia.com,Pangkal Pinang Kepala dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Tata Ruang (PUBMTR) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (IR Nopiar Ishak MT) melalui kepala bidang Bina Marga, Yopi Wijaya. ST MM, ketika di konfirmasi koran Metropolis Indonesia terkait kegiatan pekerjaan yang dilaksanakan pada tahun 2018 menerangkan bahwa,
Sesuai SK (Surat Keputusan) terakhir panjang jalan provinsi yang mesti di tangani dan di pelihara ada 850,99 Kilometer (KM) 93% nya masuk dalam kategori kondisi mantap dan 7% nya kondisi kurang mantap. Kendati demikian pihak PU BM setiap tahun memproiritaskan memperbaiki melalui pemeliharaan berkala agar jalan tersebut dalam beberapa tahun kedepan akan tercapai program jalan mantap 100%. Ujar Yopi Wijaya.
Menurut Yopi Wijaya, mantan pejabat inspektorat ini dinasnya telah melakukan berbagai inovasi terhadap pengelola infrastruktur jalan dan jembatan, diantaranya telah menyerahkan dan merubah status pengelolaan jalan provinsi menjadi jalan nasional seperti pada Ruas Lumat Puding Gebak 39KM. Jalan Pulau Plepas, jalan Pulau Bangka dan jalan Alek Sander dimana selama ini provinsi Bangka Belitung yang mengelola infrastruktur tersebut. Selanjutnya pengelolaan jalan itu menjadi tanggung jawab BPJN V Sumsel Melalui PJN Wil I Bangka Belitung, menurut Kabid Bina Marga ini pihaknya juga tengah melakukan sebuah trobosan yang inovatif untuk kesejahteraan masyarakat Babel kedepan dengan pembangunan jembatan Bangka – Sumatera yang menurut rencana akan di bangun di kawasan Desa Permis, Kecamatan Simpang Rimba, Kabupaten Bangka Selatan. Walaupun ini masih rencana, tetapi tahun 2018 sudah masuk tahap lelang Pra. F.S.
Di katakan Kabid Bina Marga, dinas PU BMTR Babel tahun 2018 sangat fokus untuk memperbaiki infrastruktur jalan jembatan melalui program kegiatan pembangunan jalan dana DAK. Pelebaran jalan Tanjung Pandan dan Siimpang Empat. Paket 1, Paket 2 dan Paket 3. Lalu ada paket pemeliharaan berkala. Jalan Bantan, Perluasan, Peningkatan jalan Gantung, Simpang Padang, Peningkatan jalan Simpang Empat, Pesarakan Buding, Peningkatan jalan Badau Gantung, peningkatan jalan Perawaskan 50 Manunggar dan Peningkatan jalan Jungtion, membalong Belitung Timur. Ada pula Pembangunan Jembatan air Limau I, peningkatan jalan Sengku DAM III Saing, peningkatan jalan Parit Tiga Tanjung RU, peningkatan jalan Koba Lubuk Besar, peningkatan jalan Sungai Selan Lampur Air Bara, peningkatan jalan A.Yani, pemeliharaan berkala jalan RE Martadinata Sumber Rejo, pemeliharaan berkala jalan Puding Besar Sungailiat, pemeliharaan berkala jalan air Gegas Bedengung Payung, pemeliharaan berkala jalan Lubuk Besar Tanjung Berikat, Panel berkala jalan kepala Kayu Arang dan pemeliharaan berkala jalan Pangkalpinang Simpang Katis Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah, pungkas Kabid Bina Marga Yopi Wijaya. ST.MM.
Kepala dinas PU kabupaten bangka Selatan IR. Ahmat Ansor MT, ketika di konfirmasi Pekan ini. Pekan lalu menerangkan dinasnya sejak tahun 2018 lalu telah memprioritaskan pembangunan dan pelebaran jalan dan jembatan di kabupaten Bangka Selatan, khusus jalan dan jembatan sebagai sarana pendukung pembangunan jembatan Bangka – Sumatera. IR Ansori MT sangat optimis pembangunan jembatan Bangka – Sumatera akan terlaksana. Dia menilai jika terlaksana tentu sangat banyak manfaatnya. Khususnya bagi masyarakat Bangka Belitung, ujarnya Serius.(Cikgu/Iwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here