PWI Sumsel Gelar Safari Jurnalistik 2019,Perusahaan Media Harus Siap Bersaing di Era Konvergensi

187

METROPOLISINDONESIA.COM,PALEMBANG – PWI Pusat bersama PWI Sumatera Selatan menggelar Safari Jurnalistik untuk meningkatkan kompetensi wartawan. Sehingga wartawan menjadi profesional, berwawasan dan beretika. Juga, wartawan tidak terjerat dalam masalah hukum dalam membuat pemberitaan.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan PWI Pusat Bidang Pendidikan dan Wakil Sekretaris PWI Pusat Nurjaman Mochtar, Kominfo Provinsi Sumsel Ahmad Riswan, Prets Ferdinand Manentonau dari SCTV, dari Nestle Ellyzabet dan Karin. Peserta safari ini diikuti wartawan media elektronik, cetak, dan online. Bertempat di Gedung Bina Praja Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (27/06/2019).

Ketua PWI Sumatera Selatan, H. Firdaus Komar mengatakan, kegiatan ini bisa dimanfaatkan oleh para wartawan dan terselenggara berkat kerja sama dengan Kominfo Pemprov Sumsel dan PT Nestle Indonesia. “Kami ingin kompetensi wartawan Sumatera Selatan semakin meningkat,” katanya.

Sedangkan Nurjaman Mochtar menyampaikan pentingnya cara menggunakan smartphone android sehingga menghasilkan produk yang bisa menghasilkan pendapatan tambahan bagi para wartawan.

Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menilai perkembangan perusahaan media tak lagi seperti di era sebelumnya. Era dimana pembaca beralih dari media cetak ke media daring atau media online.

Era transisi tersebut diharapkan para pemilik media harus jeli menghadapi tantangan yang serba digital. Jangan sampai di era digital perusahaan media tak mengikuti perkembangan konvergensi.

Demikian dikatakan oleh Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Nurzaman Muchtar pada Kegiatan Safari Jurnalistik 2019 yang terselenggara atas kerjasama dengan PWI Sumatera Selatan di Aula Bina Praja Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Kamis 27 Juni 2019.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumatera Selatan Ahmad Rizwan dan langsung dihadiri oleh Ketua PWI Sumatera Selatan Firdaus Komar dengan jajaran pengurus serta diikuti oleh para wartawan baik media cetak, elektronik maupun online.

“Ini era konvergensi, era multitasking. Banyak media yang saat ini mengikuti era konvergensi. Jadi ini tantangan yang harus dihadapi perusahaan media,”ujar Nurzaman.

Menurutnya, perusahaan media saat ini harus mulai mengajarkan para wartawan tidak hanya menulis tapi juga pandai mengambil video dan gambar.Karena di era digital ini media online juga diikuti video dan lainnya,tegasnya.

setelah Safari Jurnalistik di provins sumatera selatan ini ada 4 kota lain selain Palembang. Pontianak,Semarang,Manado,Cirebon. dan senang sekali PWI Sumsel bisa turut memfasilitasi untuk mengedukasi para wartawan yang menjadi peserta supaya lebih profesional lagi dalam melaksanakan tugas jurnalisnya,ungkapnya.

Firdaus mengaku bahwa saat ini PWI Sumatera Selatan tetap eksis melakukan kegiatan baik sifatnya edukasi maupun dialog. Seperti kemarin, PWI Sumatera Selatan bekerjasama dengan Kementerian Kebudayaan menggelar Pelatihan Jurnalistik bagi kaum millenial dengan menghadirkan narasumber Sugiarto dan Jeane Fitria.

“Dan hari ini adalah safari jurnalistik, dan terakhir di bulan Juni, Sabtu besok kita mengadakan dialog olahraga dengan tema ‘Mencari Sosok Ketua KONI Sumsel Ideal,” jelasnya. (Nia) Editor/Posting : Malvin MA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here