Beranda Daerah Ratu Dewa Resmi Jabat Sekda Kota Palembang

Ratu Dewa Resmi Jabat Sekda Kota Palembang

247

MetropolisIndonesia.Com,Palembang – Wali Kota Palembang, H Harnojoyo, S.Sos, secara resmi melantik Drs Ratu Dewa, M.Si sebagai Sekretaris Daerah Kota Palembang.

Pelantikan dilaksanakan di Ruang Parameswara Setda Palembang, Senin (1/4/2019). Hadir dalam acara itu, antara lain, Sekda Sumsel Nasrun Umar, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, mantan Sekda Palembang Harobin Mastofa.

Hadir pula para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Palembang, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Palembang, dan tamu undangan lainnya.

Sekda Provinsi Sumsel, Nasrun Umar dalam sambutanya menyampaikan pengisian jabatan tinggi pratama ini sudah melalui proses seleksi terbuka.

Nasrun optimistis Ratu Dewa mampu mengemban tugas sebagai sekda yang merupakan jabatan tertinggi ASN.

“Tugas ke depan semakin berat. Sekda harus membantu kepala daerah mewujudkan visi misi, membangun sinergi pemerintah Palembang dengan provinsi dan kabupaten kota lainnya,” ujar Nasrun.

Nasrun Umar menitipkan pesan kepada Ratu Dewa sebagai Sekda Kota Palembang yang baru.

Antara lain, sebagai pejabat tertinggi pratama, Sekda diminta menjadi motivasi dan teladan bagi 13 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) Palembang. Sekda juga harus mampu menjadi jembatan atau penghubung yang baik antara Pemkot Palembang selaku eksekutif dengan DPRD Palembang sebagai legislatif.

Selain itu, seorang sekda harus bisa menjadi garda terdepan dalam membina hubungan yang baik dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), demi kemajuan Kota Palembang.

“Sekda juga mesti selalu siap berada di tempat sebagai pengawas para ASN  yang menjadi tugas pokok seorang sekda,” kata Nasrun.

Nasrun menambahkan, menghadapi pemilu 2019 ini ASN harus netral dan tidak boleh berpihak pada salah satu calon. Menurutnya harus ada pengawasan untuk menjaga netralitas ASN dan pihaknya mengimbau agar sama-sama menjaga keamanan.

“Ini juga tugas sekda karena merupakan ketua  koordinator seluruh ASN. Sekda juga tidak boleh sering dinas luar, harus selalu berada di tempat.”

Sementara itu, Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi karena dalam pemilihan terbuka ini Ratu Dewa berhasil menjadi yang terbaik.

Harnojoyo juga meminta sekda yang baru menjalankan tugas sebaikbaiknya dan terus melakukan koordinasi yang baik dengan semua pihak.

“Jangan bertindak sendiri. Mewujudkan pemerintah yang baik, harus tertib administrasi dan setiap tindakan harus dipertanggungjawabkan,” kata Harnojoyo.

Sekda Palembang Ratu Dewa, mengatakan, ia akan berkoodinasi dengan OPD-OPD di lingkungan Pemkot Palembang terkait program, tugas pokok dan fungsi masing-masing.

“Kita akan ajak OPD bekerja sama dalam menggerakkan roda pemerintahan dan pembangunan di Palembang,” ujar Dewa.

Dewa, yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Palembang, juga menginginkan semua OPD Palembang memiliki aplikasi khusus.

“Jadi, mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi harus menggunakan sistem digitalisasi, tanpa terkecuali. Karena itulah yang memutuskan mata rantai KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme),” kata Dewa.(Nia/Rill)

Editor/Posting : Malvin MA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here