Ternyata KTP Yang Tercecer Di Bogor Tidak Ada Milik Warga Palembang

244

MetropolisIndonesia.com,Palembang – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Palembang, Edwin Effendi, angkat bicara terkait temuan, Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang tercecer di Bogor, yang didominasi milik warga Sumatera Selatan (Sumsel).

Edwin mengatakan, berdasarkan keterangan pihak Dirjen Dukcapil, ribuan KTP-el yang tercecer beberapa hari yang lalu, merupakan barang yang akan dipindahkan ke gudang dengan menggunakan mobil ekpedisi.

“Ada satu kardus seperempat karung KTP-el yang tercecer. Alhamdulillah tidak ada yang beralamat di Palembang,” katanya, Senin (28/5).

Menurutnya, adanya temuan itu membuat pihaknya cukup khawatir, takut KTP-el yang tercecer disalahgunakan. Sehingga menyebabkan kerugian bagi orang lain.

“Kita minta warga dapat memilah KTP-el yang valid. Terutama bagi perusahaan pembiayaan maupun perbankan. Cek kebenaran KTP setiap warga setelah ada masalah ini,” katanya.

Meski tidak ada KTP-el milik warga Palembang, Edwin berharap masyarakat tetap waspada terhadap modus-modus penipuan yang menggunakan KTP rusak atau palsu.

“Kita minta teliti, dan masyarakat yang KTP nya sudah rusak segera mencetak ulang ke kantor Disdukcapil. Karena, KTP yang rusak kita anggap tidak berlaku,” pungkasnya.

Diketahui, Satu dus dan sekarung berisi KTP elektronik (e-KTP) ditemukan tercecer di Kemang, Bogor, Jawa Barat. Dari kesaksian warga setempat, karung berisi e-KTP tersebut ditemukan terjatuh dari sebuah truk yang melaju ke dari arah menuju Parung, Bogor.

Pada KTP-KTP elektronik yang tercecer tersebut terdapat tulisan Pemerintah Sumatera Selatan.(MI33)

Editor : Malvin Mamora Baraf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here