Wabub Muaraenim : Peringatan Hut-Sat Pol PP, Satlimas, dan Damkar

203

METROPOLISINDONESIA.COM,MUARAENIM, — Setelah terlaksana HUT Satpol PP ke-69, Satlinmas ke-57 dan Damkar k-100, bertempat di Griya Agung Istana Gubernur Palembang, Rabu (13/03/2019) lalu yang dengan Inspektur Upacara Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru. Kini kemeriahan HUT Satpol PP ke-69, Satlinmas ke-57 dan Damkar k-100 dilaksanakan di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Muara Enim, dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Muara Enim, Rabu (27/03/2019).

Wakil Bupati Muara Enim H. Juarsyah, SH saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan Peringatan hari ulang tahun sebagaimana yang kita lakukan hari ini, tentu tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu. Lebih dari itu, dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi, dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Peringatan HUT ke-100 pemadam kebakaran, HUT ke-69 Satpol PP, dan HUT ke-57 Satlinmas mengajak seluruh bangsa lndonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan dalam upaya mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat,” ujarnya.

Lanjut Wabub Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas berperan aktif dalam proses dan melindungi pembangunan, termasuk perlindungan masyarakat dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa lndonesia, seperti Pemilu Serentak 2019 sebagai elemen penting kehidupan demokrasi.

“Peran penting damkar, Satpol PP, dan Satlinmas tercermin dari tugas serta tanggung jawabnya. Tugas damkar adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran; melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran; pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia,”lanjutnya.

Sementara itu Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan perda dan perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

“Satuan perlindungan masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara,”ungkapnya.

Masih kata Wabub ada empat langkah untuk melakukan penguatan penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum didaerah.

“Pertama, Melakukan penguatan kapasitas kelembagaan penyelenggaan. Kedua, melakukan penguatan kapasitas sumber daya aparatur. Ketiga, melakukan penguatan kapasitas sarana dan prasarana. Keempat, alokasi anggaran yang memadai,”terangnya.

Diakhir amanatnya Wabup mengucapkan Selamat Atas Prestasi yang di raih Satpol PP, Damkar, dan Satlinmas Kabupaten Muaraenim semoga di Hari Ulang Tahun ini, menjadikan kesatuan semakin jaya, dan sejalan dengan Visi Kabupaten Muaraenim yang #MERAKYAT, Muaraenim untuk Rakyat, yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera.

Menariknya diakhir upacara tersebut ditutup dengan suguhan seni bela diri yang diperagakan oleh Satpol PP Kabupaten Muaraenim, selanjutnya menampilkan evakuasi hewan buas, serta cara menangkap ular piton dan cobra diperagakan oleh Tim Rescue Damkar Kabupaten Muaraenim, terakhir penampilan dari Tim Rescue PT. BA yang memperagakan Simulasi Pemadaman Api.(Rill/Nia) Editor/Posting : Malvin M Ansyori AZ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here