MetropolisIndonesia.com,Palembang – Mengawali tahun ajaran baru 2018/2019 SMAN Sumatera Selatan mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Asrama (MPLSA) bagi seluruh siswa baru.
Kegiatan yang diikuti oleh 100 siswa baru ini diadakan selama 6 hari, dimulai dari 16 Juli 2018 hingga 21 Juli 2018. Selama 6 hari para siswa baru diperkenalkan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan sekolah dan asrama, mulai dari peraturan hingga struktur organisasi sekolah dan asrama.
Kegiatan MPLSA dibuka secara resmi pada 16 Juli 2018 oleh Kepala SMAN Sumatera Selatan, M. Ridwan Aziz, M.Pd, saat upacara bendera. “Dengan adanya kegiatan MPLSA ini siswa-siswi baru dapat mengenal kondisi sekolah dan menjalin komunikasi yang baik dengan siswa-siswi kelas 11 dan 12, serta dengan warga sekolah lainnya. Ikuti kegiatan ini dengan serius tetapi santai.”
Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan guru dan staff SMAN Sumatera Selatan dengan para siswa baru oleh Kepala Sekolah dan halal bil halal. Setelah makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan visi dan misi dan struktur sekolah secara terperinci yang disampaikan oleh Kepala Sekolah.
Hari ke-2, kegiatan MPLSA diisi dengan presentasi yang terbagi menjadi 4 sesi, yaitu: penjurusan IPA & IPS, presentasi kurikulum, presentasi mengenai kesehatan, kebersihan dan kerapian, dan organisasi sekolah dan esktrakurikuler. Presentasi tersebut disampaikan oleh masing-masing guru pembimbing. Hal ini dilakukan agar para siswa baru dapat mengerti peraturan yang ada di sekolah dan asrama secara jelas.
Pada hari ke-3, kegiatan MPLSA dilanjutkan dengan presentasi Public Speaking dan Communication skill, Latihan Baris Berbaris (LTBB), Sosialisasi mengenai perpustakaan sekolah, serta sesi motivasi yang akan disampaikan oleh salah satu alumni SMAN Sumatera Selatan.
Serupa dengan hari sebelumnya, hari ke-4 dan 5 juga diisi dengan presentasi mengenai Manner & Attitude, Latihan dan Simulasi Pengibaran Bendera oleh Sertu Irmawan. Pada pagi hari ke-5 diisi dengan Motivasi Belajar dan Time Management oleh trainer Trustco dan pada malam hari diisi dengan kegiatan Time Capsule, dimana para siswa akan menuliskan target dan mimpi mereka untuk 3 tahun ke depan pada selembar kertas yang kemudian dimasukkan ke dalam botol kaca kecil. Kemudian botol kaca ini akan dibuka kembali pada saat mereka lulus dari SMAN Sumatera Selatan.
Hari terakhir diisi dengan kegiatan fisik dimulai dengan senam pagi, House Meeting, dan outbound yang dipandu langsung oleh guru pembimbing.
Mengenai jadwal kegiatan MPLSA SMAN Sumatera Selatan yang padat, Herman Saputra, S.Pd., ketua panitia MPLSA SMAN Sumatera Selatan 2018 memberikan tanggapannya, “Dengan diadakannya kegiatan MPLSA siswa akan mengetahui dan mempunyai gambaran mengenai sistem, situasi, kondisi dan kegiatan belajar di SMAN Sumatera Selatan.
Minimal kegiatan ini menjadi tolok ukur bagi peserta didik baru dalam mengikuti KBM di sekolah dan lebih dari itu mereka dapat berinisiatif untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Dengan kata lain MPLSA dapat dijadikan sebagai ajang penyesuaian diri bagi peserta didik baru untuk kedepannya dapat dibina menjadi peserta didik yang sesuai dengan visi misi sekolah.”(yanti .wk/rill) Editor : Malvin Mamora Baraf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here