Disdukcapil Kejar Target Pencetakan E-KTP Berikan Layanan Terbaik

249

MetropolisIndonesia.com,Soreang – Untuk mempercepat pelayanan E-KTP Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung mengadakan Layanan Sabtu dan Minggu Mantap selama bulan Ramadan.

Bupati Bandung Dadang M. Naser mengatakan, pelayanan E-KTP ini serentak dilakukan di 31 Kecamatan dan kantor Disdukcapil dengan jadwal pelayanan dari 19 Mei hingga 24 Juni 2018 di hari Sabtu dan Minggu.

Menurutnya, layananan dilakukan karena ada sejumlah masyarakat yang belum memiliki kartu identitas. Terlebih, identitas untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak politiknya pada pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun ini.

“ Jadi selama bulan Ramadan ini masyarakat yang belum memiliki identitas untuk segera mendatangi kantor kecamatan dan kantor Disdukcapil,”jelas Dadang ketika ditemui kemarin (23/5)

Dia mengakui, selama ini pembuatan E-KTP terkesan lama. Sebab, berbagai masalah teknis sempat menjadi kendala untuk kelancaran pembuatan E-KTP tersebut. Namun, untuk saat ini masalah tersebut sudah bisa diatasi dan dapat diselesaikan dalam 14 hari kerja.
Dengan begitu, untuk mengejar ketertinggalan masyarakat yang belum memiliki E-KTP Disdukcapil dan seluruh kecamatan di Kabupaten Bandung membuka pelayanan Sabtu dan Minggu.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Salimin menyebutkan, dari 3.525.149 jumlah penduduk Kabupaten Bandung yang wajib berjumlah 2.509.452 orang. Hal ini, berdasarkan data pada bulan April 2018. Sementara untuk warga yang sudah melakukan perekaman berjumlah 2.405.720. Sehingga, diperoleh selisih warga yang belum melakukan perekaman sebanyak 103.732.

Dari jumlah tersebut, Disdukcapil telah melakukan sosialisasi secara gencar kepada masyarakat dengan membuka program layanan sabilulungan pada Sabtu dan Minggu.Bahkan, layanan ini dibuka serentak di 31 kecamatan.

Dia menuturkan, bagi warga yang sudah melakukan perekaman tapi belum pencetakan. Hal ini, disebabkan adanya proses validasi dan konsolidasi data ke Ditjen Dukcapil Kemendagri.

’’Jadi, bagi warga yang masih belum melakukan perekaman. Sebab, sesuai target pemerintah pusat, seluruh warga harus sudah memiliki E-KTP pada Juni mendatang sebelum dilakukan pemungutan pada Pilkada,”ujar Salimin.

Ditempat sama, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kasta Wiguna menjelaskan, secara teknis dalam penerbitan E- KTP setelah perekaman, data pemohon selanjutnya diproses konsolidasi pada server Ditjen Dukcapil Kemendagri. Sehingga, E- KTP tidak bisa langsung dicetak.

Selain itu, setelah perekaman data akan dikonsolidasikan pada server setelah beberapa hari validasi data. Sehingga, bila proses datanya tidak bermasalah maka akan dapat tercetak dalam waktu 14 hari kerja.

Lebih lanjut dia mengatakan untuk warga penyandang disabilitas pelayanan E-KTP sudah dilakukan dengan cara mendatangi kediaman masing-masing.

’’ Jumlah waga Difabel ada 119 orang,”sebut Kasta.

Dia optimis, sebelum Pilkada masyarakat Kabupaten Bandung sudah memiliki E-KTP. Sebab, dengan membukan pelayanan maksimal ini diharapkan mastyarakat dapat memanfaatkannya. Apalagi, pelayanan dibuka pada hari libur Sabtu dan Minggu.
dari tanggal 19,20,26 dan 27 Mei 2018 pada tanggal 2,3,9,23 dan 24 Juni 2018, dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.

’’Mungkin sebagian mereka tidak sempat mengurus adminduk nya karena sedang bekerja, ” terangnya.

Bersama seluruh jajaran Disdukcapil, dia menyampaikan ucapan terimakasih untuk dukungan yang diberikan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), seluruh Pemerintah Kecamatan dan desa, serta pihak-pihak lain yang sudah berpatisipasi mendukung kegiatan tersebut secara maksimal dan optimal. (Budi Rahayu/MI25)

Editor : Malvin Mamora Baraf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here