Kapolda Sumsel Serta Jajarannya Sholat Idul Adha dilapangan Mapolda

155

METROPOLISINDONESIA.COM,PALEMBANG – Hadir dalam kegiatan Shalat Idul Adha 10 Dzulhijjah/11/8/2019 M 1440 H di Lapangan Polda Sumsel tersebut, Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Firli, M.Si., Wakapolda Sumsel Brigjen Pol. Drs. Denni Gapril, S.H., Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol. Dody Marsidy, M.Hum., CFrA., Ketua PD Bhayangkari Sumsel Ny. Dina Firli.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha yang diselenggarakan di Mapolda Sumsel pada 10 Dzulhijjah Tahun 1440 H/2019 M tahun ini mengambil tema “Dengan Nilai Ibadah Qurban Kita Tanamkan Semangat dan Ketulusan Dalam Pengabdian Kepada Bangsa dan Negara.’’ Adapun jemaah yang hadir dalam kegiatan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H/2019 M di Lapangan Polda Sumsel tersebut di antaranya :

1. PJU Polda Sumsel
2. Pamen Polda Sumsel
3. Pama, Ba, Ta dan ASN Polda Sumsel
4. Bhayangkari Daerah Sumsel
5. Jemaah di sekitar Masjid As-Sa’adah/Mapolda Sumsel.

Rangkaian kegiatan Shalat Idul Adha di Lapangan Polda Sumsel tersebut diawali dengan Pembukaan oleh AKP M. Sabur, S.Ag., Laporan Panitia Penyelenggara Shalat Idul Adha 1440 H/2019 M oleh AKP Parsito, S.Sos., M.Si.

Dalam kegiatan tersebut bertindak sebagai Imam dan Khotib DR. H. Paisal Burlian, S.H., M.Hum. (Dosen tetap Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Raden Fatah Palembang) menyampaikan Khotbah dengan tema “Mengurai Makna dan Hikmah Ibadah Kurban dan Haji”, yang inti nya sebagai berikut :
Dalam berkurban kita harus ikhlas dan siap mengorbankan sebagian harta kita untuk orang lain yang pada hakikatnya perlu kita camkan bahwa semuanya adalah milik Allah SWT. Dikarenakan ibadah kurban adalah untuk Allah SWT maka sudah seharusnya kita memberikan hewan kurban yang terbaik yang kita punya. Prinsip ini akan menjadi bagian dari ketaatan kita kepada Allah.

Hikmah lain dari ibadah kurban dapat dilihat dari makna kata kurban itu sendiri. Kurban dapat dilihat dari makna kata kurban itu sendiri. Kurban dalam bahasa Indonesia berarti dekat. Oleh karena itu, kurban dapat diartikan mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya melalui wasilah hewan ternak yang dikurbankan atau disembelih.

Ibadah selanjutnya yang identik dengan Hari Raya Idul Adha adalah ibadah Haji ke atanah Suci Makkah. Ibadah haji merupakan kewajiban bagi umat Islam yang memiliki kemampuan.

Kegiatan shalat Idul Adha yang berlangsung di Lapangan Polda Sumsel tersebut, dihadiri sebanyak 3.180 jama’ah dengan rincian (laki-laki 1.600 jemaah dan perempuan 1.580 jemaah) kegiatan tersebut berlangsung selama kurang lebih 45 menit dan selesai pada pukul 08.00 WIB, dalam keadaan aman, lancar, dan khidmat.(Nia) Editor/Posting : Malvin MA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here