Kepala DLH Kabupaten Bandung Berikan Bintek di Desa Bumiwangi

204

METROPOLISINDONESIA.COM,KABUPATEN BANDUNG – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung,Asep Kusumah, memberikan materi pada kegiatan bimbingan teknis peningkatan kapasitas kader Lingkungan Pengelolaan sampah dengan pendekatan 3R berbasis rumah tangga di Desa Bumiwangi kecamatan Ciparay.Rabu 28/8/2019.

Dimana Asep Kusumah Ketika ditanya metropolisindonesia.com ditempat kegiaran  menjekaskan sangat apresiasi terhadap pemerintah desa Bumiwangi, terutama kepada  Kepala Desa ‘ BPD, Para Tokoh dan Masyarakatnya yang telah begitu peduli terhadap lingkungan.

Menurutnya, Kepala Desa salah satu tokoh penggiat lingkungan telah membuat Perdes tentang lingkungan, tentunya itu sangat baik untuk memperkuat darurat sampah,” jelasnya.

Ini sudah merupakan bukti konkrit, dimana Kades sudah membuatkan sebagian perdes tentang peduli lingkungan, diantaranya pengalokasian Dana Desa untuk peningkatan infrastruktur, peningkatan pengelolaan sampah, dan pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia,selain programnya jelas, tadi kita bisa lihat ada bahan pengelolaan sampah yang sangat baik ,” jelasnya.

Lanjut Asep,” pengelolaan sampah harus berbasis masyarakat agar permasalahan sampah bisa tertanggulangi dengan cara melaksanakan 3 program, diantaranya di setiap rumah di buatkan Lubang Cerdas Organik( LCO) untuk sampah Organik.

Kedua untuk sampah an- organik adalah dengan pembuatan bank sampah di setiap RW / desa. Dengan adanya bank sampah bisa menghasilkan secara ekonomi. Jelasnya.

Sedangkan yang ketiga untuk sampah residu, pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Lingkungan hidup akan menariknya.

Untuk kelancaran program tersebut, maka harus dibuatkan peraturan baik peraturan desa maupun peraturan RW di daerah masing – masing,” ucap Asep.

Masih di tempat yang sama  Kepala Desa Bumiwangi  Rudi  mengatakan menyambut baik kedatangan Kadis LH kabupaten Bandung, yang telah memberikan bimbingan teknis terhadap warganya.

Menurutnya, apa yang menjadi harapan kita semua, terkait permasalahan sampah dengan adanya bimbingan teknis yang diberikan Bupati Bandung melalui Asep Kusumah selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bandung, bisa bermanpaat bagi kita semua,” ujar Rudi.

Kedepannya kita betul-betul melaksanakan 3 program yang telah di intruksikan pemerintah, baik itu pemerintah pusat, propinsi dan Daerah. Agar nantinya anak cucu kita bisa menikmati usaha kita terkait kepedulian terhadap lingkungan.(Budi) Editor/Posting : Malvin MA 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here