Sekda Kota Palembang Gelar Pertemuan Dengan Konsul Jendral India

150

METROPOLISINDONESIA.COM,PALEMBANG – Konsul Jenderal India Raghu Gururaj menggelar pertemuan dengan Sekretaris Daerah Kota Palembang Drs. Ratu Dewa, M.Si beserta jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kota Palembang. Pertemuan yang digelar di Rumah Dinas Walikota Palembang, Senin (9/9), membahas peluang kerjasama dan investasi antara Pemerintah India dan Palembang.

Konjen India Raghu Gururaj mengatakan, kunjungan ini untuk membangkitkan kembali hubungan antara India dan Sumsel. Menurutnya, ada hubungan yang besar antara Sriwijaya dan India yang dapat dipromosikan untuk menarik wisatawan India ke Sumsel khususnya Palembang.

“Kami berkeinginan membawa delegasi usaha ke Palembang untuk menjalin kerjasama investasi di Palembang. Kami masih mencari tahu peluang usaha apa saja yang bisa dijalin bersama Pemerintah Kota Palembang,” Ujarnya.

Dirinya mengatakan, akan ada delegasi usaha yang akan berkunjung ke Indonesia pada minggu mendatang. Dirinya berharap, delegasi usaha tersebut juga dapat dihadirkan ke Palembang untuk menjalin kerjasama B to B. “Bila mungkin diberikan data peluang investasi di Sumsel khususnya Palembang, agar dapat kami paparkan ke investor India. Sebab fokus kita beberapa bula mendatang adalah meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi, kebudayaan, dan pendidikan,” Ujarnya.

Dijelaskannya, Pemerintah India memiliki jalinan kerjasama antara Universitas Nalanda India dan Universitas Sriwijaya. Kerjasama ini tak hanya di bidang kearsipan sejarah, namun juga mencakup beasiswa pendidikan.

Menanggapi hal ini Sekretaris Daerah Kota Palembang Drs Ratu Dewa MSi menjelaskan, Palembang memiliki pertumbuhan ekonomi yang pesat sebagai kota perdagangan dan jasa. “Palembang sebagai Kota pusaka tidak bisa dipisahka secara historis dengan India. Oleh karena itu pada perayaan ulang tahun Palembang mendatang akan diundang kota-kota yang memiliki keterikatan secara sejarah dengan Palembang,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Dewa memberikan apresiasi yang setingginya atas perkenan hadir Konjen India ke Palembang. Dirinya berharap, dapat terjalin kerjasama yang baik antara Palembang dan India di berbagai bidang.(Nia/Ril) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here